--> Skip to main content

Grafik Berat Badan Bayi Ideal Usia 0 -12 Bulan



Grafik Berat Badan bayi - Halo Bun, apakah anak bunda sudah ditimbang dan bagaimana hasilnya? Apakah bertambah gemuk atau berkurang?

Perlu diketahui ya bun jika berat badan merupakan salah satu hal penting untuk tumbuh kembangnya.

Jadi kalau anak bunda berat bdannya tidak bertambah sebaiknya tetap waspada. Ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan bayi contohnya seperti jenis kelamin.

Biasanya bayi laki-laki pertumbuhannya jauh lebih pesat dibandingkan perempuan. Nah selain jenis kelamin kondisi kesehatan, kecukupan gizi dan kondisi ibu saat mengandung juga mempengaruhi berat badan bayi.

Oia bun, anak yang dilahirkan secara premature biasanya akan memiliki berat badan yang kurang dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan waktu yang tepat.

Cara menghitung berat badan bayi dengan grafik

Sebenarnya untuk mengetahui berat badan bayi kita ideal atau tidak cukup mudah bun. Anda bisa menimbangnya dirumah dan mengukur panjang anak dengan meteran.

Selanjutnya tinggal bunda cocokan saja dengan grafik atau tabel pertumbuhan berat badan bayi yang idela dibawah ini. Grafik maupntabel dibawah sudah standart yang ditetapkan WHO (badan kesehatan dunia).

Grafik Berat Badan Bayi Laki-Laki



Grafik Berat Badan Bayi Perempuan



Bagaimana bun, apakah berat badan anak anda sudah ideal? jika tidak sesuai standart diatas sebaiknya segera berikan gizi terbaik untuk anak anda bun.

Berikut beberapa pengalaman ibu yang mengalami masalah dengan berat badan anaknya.

Grafik berat badan anak digaris kuning

Pertanyaan: Bagaimana menurut bunda semua? itu grafik berat badan anak saya di garis kuning terus? bagaimana ya caranya supaya mencapai di garis hijau? anaknya sih sehat dan aktif tapi belum bisa jalan usianya 15 bulan.

Tanggapan:

Yunita Manda Sari
Tiap anak beda-beda tumbuh kembangnya bunda. Anakku awal desember nanti sudah setahun tapi merangkak belum bisa, bangun dari tidur/duduk seandiri pun belum bisa apalagi jalan. Sudah 2 bulan berturut-turut berat badan tidak naik. Tapi tidak ada salahnya juga langsung konsul ke dsa biar makin jelas semuanya bun.

Oelano Fea
Baby ku usia 2 bulan kena batuk pilek cuma naik 2 ons dari 3,9 ke 4,1 itu sudah digaris kuning kemarin timbang lagi pas umur 3 bulan naik 9ons, jadi 5kg pas digaris kuning ke ijo. itu normal gak bun? Cuma kemarin bidan sempat bilang kurang nutrisi tapi anakku sehat-sehat saja dan aktif banget.

Ndho Oemy Isti'ana
Sudah lebih dari 1 tahun, kasih susu pediasure complit bun. anak 2 bulan yang lalu sempat mogok makan, karna sudah tidak ASI, saya kawatir gizi buruk terus., saya kasih pediasure complit tapi hanya 2 kali sehari, alhamdulillah gizi terpenuhi berat badan nya juga cukup.

vArya Daniel Susilo
Coba buatkan nasi tim wortel kentang sama tempe soalnya anak sya juga sya kasik itu allhamdulilah berat badannya dalam 1minggu naik 9ons tapi jangan d blender ya d ulek aja pkek ulekan klau d blender kasian anaknya bun soalnya blender kan dalamnya ada besinya jadi makanannya jadi tidak sehat.
Kalau soal anak bunda yang belum bisa jalan kalau masih usia 15 bulan mash bisa cbak berikan vitamin elkana. itu vitamin untuk tulang, itu saya dapat resep dari dokter.

Kharidha Qurniawati Suwardi
dulu anakku waktu bayi tidak terlihat gemuk, tapi berat badan ada digaris tengah hijau. Mungkin bisa dicoba untuk variasi makanan, dilengkapi juga sayur dan buah.
apakah masih asi.

Ny Yanuar Susanto
BERAT BADAN BAYI MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN BAYI,
JIKA BERAT BADAN KURANG OTOMATIS PERTUMNUHAN DAN PERKEMBANGAN JUGA KURANG( tidak maksimal )
HARUS KE DSA KONSULTASI , TDK BSA DISEPELEKAN KALAU SUDAH MENYANtidakUT berat badan BAYI,

Teni Nurmayanti
Konsultasi dsa bun, karena kita tidak mengetahui sebenarnya kenapa dan hanya kira kira. Anak saya 7 bulan berat badan 5,7kg dia susah naik berat badan nya karena ada jantung bocor bun. Saya tidak menakut nakuti, hanya saja jika konsul dokter jika ada sesuatu yang salah bisa segera ditangani.

Chiwid Wid
saran bunda biasa nya kalau bunda bawa ke posyandu nanti bidan melakukan pemantauan stimulasi deteksi dini tumbuh kembang, jika belum berhasil peserta bpjs di rujuk ke puskesmas sebelum ke klinik tumbuh kembang, RS. kalau umum langsung ke spesialis anak bunda.

Jenk Wied Genie Bunda
Sudah coba konsultasi ke DSA belum. minta rontgen d tes darah debay nya. Siapa tau kena flek di paru paru yang harus lekas ditangani. Agar segera bisa menaikkan berat badan. Trus kalau pagi jam 7 dijemur di panas matahari bun 15-20menit seandainya debay ada batuk pilek biar lekas sembuh. Untuk maem nya coba double prohe. kalau ada alergi telur ato ikan bisa ganti prona. kalau masih ASI bunda nya juga makan nya diperhatikan. Makan sayur daun katuk ato jagung ato yang lainnya yang bisa untuk booster ASI. Semoga membantu ya bunda.

Azhura Azalea Pornomo
bunda coba dikasih Doble protein buat nambah berat badan. ini anakku 13 bulan juga susah makannya. sudah mulai jalan soalnya, tapi Aku kasih makan nya sering dan dobel protein aja. lumayan lah 4 - 5 sendok tapi sering, kasih buah bun, kemaren Aku timbang 10kg berat badan anakku

Ruth Shita Boru Simanjuntak
Sebaiknya konsul ke DSA bund ., idealnya berat badan anak naik 700gr - 1kg dari berat badan . semakin naik usia paling sedikit 300gr - 500gr karena anak semakin aktif . Masih bisa di toleran kalau berat badan naik cuma sedikit misal dibawah 300gr tapi tetapi di garis hijau . Double prohe bisa naikin berat badan ., cemilan buah cmpur susu juga bisa, kalau ASI bunda perbanyak makan sayuran hijau yang tinggi zat besi #maaf cuma saran.

Yohana Putri Wulandari
kalau mah asal anak sehat, tidak pernah sakit mah gpp bun, soalny aku juga sudah konsul ke dokter katanya gpp, memang dsarnya perawakannya kecil, jadi susah naikny. soalny keturunannya suami kecil semua badannya. jadi anak ikut ke keluarga suami, kalau soal ngasih vitamin, suplemen dll, tidak pernah ketinggalan asal anak sehat tidak pernah sakit-sakitanan mah, gpp kalau buat aku.

Aldiansah Putra Budiman
Maaf bun kebetulan saya kader posyandu. sebaiknya bawa putranya kepuskesmas nanti disana akan diberi penjelasan oleh bagian gizi. karena kalau terus dikuning itu tandanya kurang gizi, jadi nanti akan diberi vitamin dan dipantau oleh puskesmas. jangan pernah merasa malu bertanya buat kesehatan anak kita.

Clark Eva Nia
Anak saya 9 bulan dulu juga selalu di garis merah selama 3 bulan. saya kasih vitabumin bun habis 4 botol. Alhamdulilah selalu naik kembali jadi bakpau lagi soallnya dulu sebelum umur 9 bulan pipinya cubi banget . sekarang dah mau 3 tahun tiap timbangan naik walau hanya satu ons 2 ons tetep mau makan, walau saat dia sakit dulu boro2 makan kalau pas sakit ke dokter spesialis juga tetappp ajaa susah skrg trauma ke dokter kalau dia sakit obat tradisional dah ok kecuali dia panas saya kasih tempra.

Meyangaa Ale Ale Momy
Coba ke DSA bun. Bayi ku pernah berat badan nya tidak naik selama 3 Bulan, aku pikir karena dia batuk pilek jsdi susah makan. Ternyata si baby ADB (Anemia Defisisensi Besi) juga. Setelah di Kasih tambahan nafsu makan nya mulai membaik berat badan nya juga mulai mau naik lagi, dan di anak tambah gesit tidak pucat lagi.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar